"from the people, by the people, to the people"

Keunggulan kompetetif terkait dengan persaingan dunia kerja yang penuh ketidakpastian akibat dari VUCA World

by Andikaputra Mahatamtama Arya , at 06.00

Keunggulan kompetetif terkait dengan persaingan dunia kerja yang penuh ketidakpastian akibat dari VUCA World.


Pendahuluan
Dulu orang yang mencari perusahaan untuk memberinya kerja, namun kini sebaliknya, orang yang bertalentalah menjadi keunggulan perusahaan. Talent yang dulunya hanya berperan kecil terhadap keberhasilan bisnis, sekarang menjadi penentu perubahan. Hal itu juga terjadi pada loyalitas karyawan yang dulunya berpikir untuk berkarya long-term pada sebuah perusahaan, kini komitmen orang lebih bersifat short-term.
Ketidakpastian dampak dari VUCA ini dibutuhkan kesiapan khusus untuk bisa bertahan dalam kompetisi. Sekarang, siapa yang dapat bertahan hidup itu bukanlah mereka yang besar dan kuat, tapi merekalah yang mampu menyesuaikan diri. Jadi tidak cukup karakter biasa saja untuk menghadapi VUCA. Setidaknya tiga hal yang harus dimiliki yaitu kompetensi, karakter, dan behaviour. Mindset dan leadership juga sangat perlu dibentuk dalam menghadapi persaingan di era VUCA.
Problematika dan tantangan di era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity) mau tidak mau harus siap dihadapi oleh pelaku bisnis. Kesiapan itu bukan hanya dari diri sendiri, tetapi juga seluruh tim di perusahaan. VUCA menciptakan suatu tren baru yang penting untuk dipahami oleh praktisi SDM dan pemimpin perusahaan masa kini.
Sebagai contoh persaingan yang sangat terlihat saat ini, yaitu adanya perusahaan yang berbasis moda transportasi online yaitu GO-JEK dan menimbulkan banyaknya masyarakat berlomba untuk dapat bekerja sebagai driver disebuah armada yang hebat itu. Namun apakah beberapa mitra driver yang dimiliki saat ini sudah kompeten?


Keunggulan kompetitif apa saja yang sudah Saya miliki ? Apakah Saya bisa bertahan dalam menghadapi persaingan dunia kerja yang penuh ketidakpastian akibat dari VUCA World ?
Skill yang Saya miliki sendiri adalah dapat mengoperasikan Sosial Media, Microsoft Office, SPSS, dan sedikit ahli dalam memperbaiki/memodifikasi software Windows dan Android.
Saya biasa membuat dan menetapkan suatu keputusan dan selalu memiliki sikap bertanggungjawab, karena Saya didalam rumah memiliki peran sebagai kepala rumah tangga menggantikan sosok Bapak yang sudah tidak berkumpul bersama keluarga Saya lagi. Sehingga Saya sudah biasa menjadi seorang pemimpin didalam keluarga. Melakukan hal-hal seperti membimbing, mengarahkan, dan menjaga kehidupan keluarga Saya dan bertanggungjawab dalam menghadapi masalah keluarga sudah menjadi makanan sehari-hari. Sehingga apabila Saya bekerja sebagai seorang Pemimpin atau Leader, Saya sudah siap menghadapi tekanan-tekanan yang kadang kala akan menimpa Saya.
Pendidikan Saya sendiri saat ini lulusan SMA dari jurusan IPA dan sedang melanjutkan studi Administrasi Publik pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama). Walaupun pengetahuan dasar Saya dibidang Sosial dan Politik ini tidak ada dikarenakan saat SMA Saya mengambil jurusan IPA, namun saya berani untuk mengambil jurusan tersebut karena saat lulus S1 nanti Saya ingin sekali bekerja di dalam sebuah birokat pemerintahan Indonesia. Yang penting Saya selalu fokus menjalani proses kuliah agar dapat menyelesaikan S1 dengan IPK yang baik.
Selain itu, Saya merupakan salah satu mitra driver yang bekerja di GO-JEK Indonesia. Iya, Saya kuliah sambil mengisi waktu luang Saya sebagai driver GO-JEK. Saya sadar banyaknya driver yang bernaung di GO-JEK saat ini membuat persaingan terhadap setiap driver yang lain juga sangat rumit. Namun untungnya di GO-JEK memiliki program Training Safety Driving. Penting bagi driver Gojek untuk mengikuti pelatihan Safety Riding agar ketika beroperasi lebih memperhatikan kenyamanan serta keamanan penumpang. Dengan mengikuti program tersebut, maka seorang driver dapat memperoleh pengetahuan seputar keamanan berkendara. Disamping itu pelatihan juga dilakukan oleh tenaga profesional berpengalaman sehingga prosesnya akan lebih cepat. Pelatihan yang diberikan mencakup teori dan praktek sehingga dapat dipelajari secara langsung oleh driver.
Materi pelatihan yang diberikan adalah Street Smart Program dimana memiliki 3 point penting. Materi mencakup teori, skill awareness dan commentary driving yang diberikan kepada driver. Untuk teori-nya driver GO-JEK akan mendapatkan pengetahuan berkendara mencakup rambu lalu lintas dan etika berkendara. Materi skill awareness mengajarkan kemampuan dasar dalam berkendara mencakup kondisi jalan, manuver serta lain nya. Lalu materi commentary driving akan mengajarkan driver seputar breaking ataupun pengereman mendadak. Tentunya mengikuti pelatihan ini sangat banyak manfaat nya, baik secara skill maupun pengetahuan berkendara bagi pengemudi GO-JEK. Tak heran apabila pelatihan ini diwajibkan oleh pihak GO-JEK dimana dibagi kedalam beberapa gelombang pelatihan yang diikuti ribuan driver.
Menurut Saya metode seperti itu juga seharusnya dapat dilakukan juga oleh perusahaan-perusahaan lain meskipun bukan dibidang yang seperti Saya tekuni ini. Karena apabila kita terus menerus mendalami semua pengetahuan dan mengasah skill yang kita punya saat ini pasti dapat menghidari dari efek dari VUCA WORLD yang ada saat ini. Pelatihan mental juga sangat diperlukan bagi kita dalam menghadapi persaingan kedepannya. Kebanyakan dari kita sudah merasa dirinya kalah atau kurang jika dihadapkan dengan pesaing yang latar belakang pendidikan-nya lebih baik dari kita. Asalkan kita mempunyai kemauan yang besar dan tekad yang tinggi, kita pasti bisa menjadi kompetitor yang sulit dikalahkan dalam kompetisi sumber daya manusia ini.
Untuk itu, Saya siap dan berani untuk bersaing dengan para SDM (Sumber Daya Manusia) dibidang Pelayanan Publik lainnya. Dengan pengalaman Saya sebagai driver, Saya tidak hanya sekedar bisa mengantar penumpang dengan baik, namun saya juga dapat membagi waktu yang tepat dalam memilih rute yang efektif dan efisien saat mengantar penumpang alias pelanggan/konsumen Saya.
Menurut Saya dengan semua yang Saya punya dan alami, Saya sudah siap menghadapi VUCA World.

Created by.
NAMA              : Andikaputra Mahatamtama Arya
NIM                  : 201621168
MATA KULIAH   : Sistem Informasi Manajemen (Kelas Sore)

Keunggulan kompetetif terkait dengan persaingan dunia kerja yang penuh ketidakpastian akibat dari VUCA World
About
Keunggulan kompetetif terkait dengan persaingan dunia kerja yang penuh ketidakpastian akibat dari VUCA World - written by Andikaputra Mahatamtama Arya , published at 06.00 , categorized as Pendidikan , Perkuliahan
Next Posting Lama
Comment enabled
Copyright ©2013 Tulisan Dika
Powered by Blogger